Mahasiswa pengabdian masyarakat kelompok 19 UTM desa Nepa melaksanakan program kerja terkait pengembangan pariwisata berupa branding desa Nepa yang berfokus pada objek wisata Pantai Segoro. Desa Nepa memiliki potensi alam yang melimpah namun belum terekspos secara maksimal sehingga tidak banyak diketahui oleh masyarakat luas.

Tim pengabdian masyarakat kelompok 19 UTM mulai melaksanakan tugas pengabdian di desa Nepa, kecamatan Banyuates, kabupaten Sampang pada hari Senin tanggal 26 Juni 2023. Kelompok tersebut aktif melakukan survei serta wawancara kepada perangkat desa terkait potensi serta permasalahan yang dialami oleh desa Nepa. Selanjutnya tim pengabdian masyarakat kelompok 19 sepakat untuk mengembangkan potensi wisata alam berupa branding pantai yang ada di desa Nepa dimana pantai ini masih jarang diketahui oleh banyak orang. Branding wisata yang dilakukan berupa pembuatan gapura, spot foto, jurnal pariwisata, bersih pantai, penanaman mangrove, serta video promosi wisata pantai Segoro.

Pengabdian masyarakat kelompok 19 memanfaatkan bambu sebagai bahan dasar utama untuk pembuatan gapura selamat datang. Pada bagian spot foto dibuat sebagai sarana untuk menunjukkan keindahan dan keunikan dari pantai Segoro sendiri. Penyusunan naskah jurnal pariwisata tentang pantai Segoro juga dimaksudkan untuk memperkenalkan secara luas mengenai desa Nepa terkhusus potensi wisata yang ada didalamnya. Lalu melakukan pembersihan pantai yang dimaksudkan agar dapat menumbuhkan rasa kepedulian terhadap alam sekitar khususnya pada daerah pesisir pantai. Selanjutnya branding wisata melalui video pendek juga menjadi salah satu pilihan luaran proker kelompok 19 yang berisikan profilling desa sekaligus eksplor keindahan pantai Segoro yang kemudian akan di upload pada website maupun media sosial yang ada.

Untuk nama pantai Segoro sendiri digagas oleh tim pengabdian masyarakat kelompok 19 dengan alasan di desa Nepa terdapat makam petilasan Raden Segoro yang dimana beliau ini merupakan tokoh penting yang dikenal sebagai pangeran yang bermukim di desa Nepa.